RSS

Manfaat susu kambing


Susu kambing merupakan sumber protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI. Bahkan di daerah kering dan tandus seperti Afrika dan sebagian India, masyarakatnya mengandalkan susu kambing untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Sejak ribuan tahun yang lalu, susu kambing sudah sering digunakan sebagai pengobatan dan pencegah penyakit. Beberapa macam penyakit yang mampu disembuhkan, diantaranya : alergy, asma, gangguan pernafasan, kolesterol, asam urat, diabetes dll.

Susu kambing yang terbaik adalah susu segar (raw goat milk), bukan susu kambing bubuk, karena proses pemasakan susu kambing yang kurang tepat dapat merusak kandungan mineral yang berkhasiat sebagai antiseptik dan pelindung jaringan paru-paru. Terlebih susu kambing yang telah diolah menjadi susu bubuk, proses pengolahan dari susu segar menjadi susu bubuk, mengalami proses pemanasan dan penguapan dan penambahan zat pengawet sampai akhirnya menjadi susu bubuk. Jadi kualitas susu kambing cair segar jauh lebih baik dari pada susu kambing bubuk , Maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi susu cair segar, dari pada susu kambing yang berupa susu bubuk.

KOMPOSISI SUSU KAMBING
Komposisi Kambing Sapi ASI
Air 83-87,5 87,2 88,3
Hidrat Arang 4,6 4,7 6,9
Energi KCL 67 66 69,1
Protein 3,3-4,9 3,3 1
Lemak 4,0-7,3 3,7 4,4
Ca (mg) 129 117 33
P (mg) 106 151 14
Fe (mg) 0.05 0.05 0,05
Vit. A. (mg) 185 138 240
Thiamin (mg) 0.04 0,03 0,01
Rhiboflamin 0,14 0,17 0,04
Niacin (mg) 0,3 0,08 0,2
Vit. B-12 0,07 0,36 0,84

Sumber : Hasil Penelitian Vateriner Bogor

.

Beberapa Keunggulan susu kambing dibanding susu sapi :
- Kadar Fluorine susu kambing 10-100 kali lebih besar dibanding susu sapi yang bermanfaat sebagai anti septik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh.
- Bersifat basa (alkaline food) sehingga aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh.
- Proteinnya lembut dan efek laksatifnya sedikit, sehingga tidak menyebabkan diare.
- Lemaknya mudah dicerna, karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus dibandingkan dengan susu sapi.
- Kandungan Sodium (Na), Fluorine (F), Kalsium (Ca), Fospor (P), yang dominan sangat baik untuk kesehatan manusia.
- Susu kambing berwarna putih bersih dan tidak berbau amis.
- Susu Kambing lebih hieginis.

.

Beberapa Manfaat Susu Kambing :
- Menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran napas dan pencernaan
- Menyembuhkan berbagai kelainan ginjal serta asam urat
- Menyembuhkan reumatik, mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)
- Menambah vitalitas dan daya tahan tubuh
- Mengatasi impotensia dan gairah seksual bagi pria maupun wanita
- Menurut penelitian di Amerika terbukti mempunyai efek anti kanker
- Membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung
- Membantu menyembuhkan penyakit migren dan vertigo.
- Menyembuhan penyakit paru seperti asma, TBC, serta infeksi pada paru-paru.

.

Susu kambing baik dikonsumsi oleh anak dan orang dewasa. Komposisi susu kambing lebih mendekati ASI, sehingga di beberapa negara susu kambing di pergunakan sebagai pengganti ASI terlebih bagi bayi-bayi yang alergi terhadap susu sapi.

Diantara jenis susu, susu kambing adalah satu-satunya susu yang paling banyak manfaatnya bagi kesehatan manusia. Susu kambing yang dikonsumsi tanpa proses pemanasan terlebih dahulu memilki kandungan Fluorine yang lebih tinggi dibandingkan yang dimasak terlebih dahulu.

Susu Kambing ditengarai memiliki antiseptik alami dan diduga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh karena mengandung fluorine 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein dan efek laksatifnya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare bagi yang mengkonsumsinya. (Moeljanto, Rini Damayanti dan Wiryanta, B.T. Wahyu, Tahun 2002, Khasiat dan Manfaat; Susu Kambing, Agromedia Pustaka, Depok).

Kandungan gizi dalam susu kambing dapat meningkatkan pertumbuhan bayi dan anak-anak serta membantu menjaga keseimbangan metabolisme, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta membantu pembentukan sel-sel darah dan jaringan tubuh. Disamping itu, kandungan berbgai mineral dalam susu kambing memperlambat osteoporosis. (Sodiq, A. Dan Abidin, Z.,Tahun 2002, Kambing Peranakan Etawa; Penghasil susu Berkhasiat Obat, Agromedia Pustaka Depok).

Butir-butir susu lemak kambing memang lebih kecil dibandingkan susu sapi. Susu kambing mudah diserap tubuh manusia, itu sebabnya dapat diminum oleh bayi diatas enam bulan, manula, dan baik bagi penderita radang usus. (Tabloid Mitra Bisnis, Minggu IV Mei 1999, Memelihara Peranakan Etawah lebih baik dari bunga Bank).

Tingkat keasaman susu kambing relatif basa, sehingga cocok untuk mereka yang mengalami gangguan perut dan pencernaan . Dalam kondisi lambung bersuasana asam, susu kambing bisa menetralkannya. (Harian Pikiran Rakyat, 15 Oktober `998, Susu Kambing Berkhasiat Bagi Perut)


0 Responses to "Manfaat susu kambing"

Poskan Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors